Artikel Rohani | Kesehatan | Tips dan Trik

12 Tokoh Alkitab Yang Penuh Sabar Dan Patut Diteladani Oleh Umat Kristiani


gambar jerami

Karena sabar adalah bagian yang terpenting, maka di perlukan upaya yang keras, dalam menggapainya. Memilih sabar, berarti kita sedang menunjukan sikap yang tangguh dan serba siap dalam segala hal. Sabar itu sehat. Sabar itu keputusan, yang sekaligus keberanian.

Keberanian untuk menjadi seorang yang sabar, sekiranya menjadi keputusan yang harus kita punyai. Untuk menjadi orang sabar, mungkin sedikit lelah karena di dalamnya kita menjumpai berbagai hal yang dapat mengoyak keputusan kita. Namun jika kita melihat dalam kenyataan hidup kita sehari-hari, banyak orang sukses dalam hidup mereka. Karena mereka memiliki yang namanya kesabaran.

Kita sebagai umat Kristen, tentu telah banyak mendengar dan bahkan membaca berbagai kisah menarik dari tokoh-tokoh Alkitab yang mana mereka menunjukan sikap sabar mereka terhadap kenyataan yang sedang di hadapi. Karena itu, catatan hidup mereka sekiranya dapat menjadi rujukan bagi kita, dalam belajar untuk menjadi seorang yang sabar.

Berikut 12 tokoh Alkitab yang hidup penuh sabar, dan patut untuk kita teladani


1. Ayub
Ayub, salah satu tokoh yang di kenal sabar dalam Kitab perjanjian lama. Ayub dalam kisahnya, mengalami penderitaan yang sangat luar biasa; mulai kehilangan harta benda miliknya, hingga kehilang ke-10 buah hatinya. Tak hanya cukup disitu Ayub sendiri mengalami penderitaan fisik yang di alaminya.

Ada dua hal menarik dari tokoh ini. Pertama, yang dapat kita lihat di Ayub 1:9-10 iya menjawab istrinya dengan menunjukan kesetiaan dan ketetapannya untuk tetap berbakti kepada TUHAN. Dengan penuh sabar. Kedua, dari Ayub1:11-13 sebagaimana yang kita lihat disana adalah kesetiaan dari para sahabatnya. Ini menarik, ketika kita sabar terhadap Tuhan dan juga orang lain. Dan pada lain kesempatan orang juga memperlakukan hal serupa dengan kita.

2. Nuh
Nuh sala satu tokoh yang dapat dijadikan teladan kita dalam belajar sikap sabar. Nuh mengahabiskan waktu yang tidak sedikit untuk membuat kapalnya. Yang mana ia dan istrinya hidup selama 380 dalam kapal yang di buatnya. Hidup Nuh sempat menjadi tidak pasti, namun dengan kesabarannya ia tetap menunggu kebaikan dari Tuhan untuk memberi tanah dan kesempatan untuk memulai hidup yang baru.

3. Bunda Maria
Bunda Maria adalah sosok yang kita kenal dalam perjanjian Baru. Setelah menerima kabar dari Malaikat Gabriel, Bunda Maria mengalami ketidak pastian hidup akan bayi yang dikandungnya kisah ini berbuntut panjang hingga sampai pada kelahiran Tuhan Yesus dan kesabaran Bunda Maria sangat terlihat ketika Tuhan Yesus menerima begitu banyak hujatan dan penderitaan. Namun disana, ia tetap menunjukan sikap sabar ketika melihat kenyataan itu. Hingga dengan sabar pula ia menantikan janji Roh Kudus yang telah di sampaikan Tuhan Yesus sebelumnya.

4. Daniel
Kenyataan hidup seperti Daniel, mungkin sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. perlakuan tak adil kerap kita temukan. Daniel sosok yang perlu dijadikan teladan mulai dari kesetiaannya kepada raja dan Tuhan. Hingga kerelaannya ketika ia menerima keputusan yang tak adil.

Ketika kita menunjukan kesabaran kepada orang yang membenci atau ingin menjatuhkan kita maka Tuhan tidak menutup mata untuk memandang kita. Karena itu, jadikan Daniel sebagai sosok yang patut kita ikuti dalam hal bersabar kepada Tuhan dan juga kepada orang lain di sekitar kita.

5. Hosea
Hosea mengikuti apa yang dikatakan Tuhan kepadanya untuk menikahi seorang perempuan pelacur. Ia terus menunjukan cintanya yang besar bahkan menerima dan mengampuni istrinya yang tidak setia. Sebagaimana Tuhan mengampuni umat Israel yang tidak setia kepada-Nya.

Panggilan hidup kita, terkadang menjadi sulit bagi kita untuk memahaminya. Namun kisah hidup Hosea setidaknya menjadi pencerahan baru bagi kita. Bahwa panggilan hidup dari Tuhan adalah yang terbaik, sehingga akhirnya kita juga memperoleh hasil yang sangat memuaskan. 

6. Yusuf 
Yusuf mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari saudaranya (kej 37:1-38) sendiri. Ia di jual kepada orang Ismael dan di bawah ke tanah mesir. Tetapi ketaatan dan kesabaran yang di milikinya, menjadi sangat berkenan di hadapan Tuhan, sehingga segala yang ia lakukan selalu berhasil dengan baik yang pada akhirnya raja mengasihi Yusuf dan menyerahkan kekuasaan kepada Yusuf untuk seisi rumahnya.  Kesabaran Yusuf terlihat ketika Istri Tuannya itu mencoba untuk membujuknya, walaupun pada ahkirnya Yusuf harus menerima hukuman raja dalam keadaan yang tidak bersalah seperti yang di ceritakan istri raja. Namun begitu, ia sabar menerima kenyataan itu dan disana Tuhan berkenan kepadanya.

Kesabaran menjadikan segala sesuatu menjadi lebih baik. Termasuk hal kecil yang tampak sederhana. Sesuatu  yang besar dapat dilakukan dengan baik dan memperoleh hasil yang baik. Kesabaran adalah segala-galanya. Berkenan di hadapan Tuhan dan berhasil pastinya ada bersama kita. Mari kita belajar dari cara hidup Yusuf ini.

7. Abraham dan Sarah

Tuhan berjanji kepada Abraham bahwa ia menjadi Bapak bagi banyak bangsa walaupun saat itu ia bersama istrinya, Sarah, belum memiliki anak. Abraham, tidak menunjukan kesabaran yang utuh. Namun Tuhan, memberitahu kepadanya agar tetap menunggu waktu yang tepat. Janji Tuhan kepadanya di nantikan oleh Abraham bersama istrinya dalam waktu yang panjang. Hingga dalam usianya yang ratusan tahun, barula mereka memiliki anak.

Tuhan itu baik. Ia penuh kasih. Walaupun kita tampak kurang sabar. Namun Tuhan mendidik kita dengan caranya yang ajaib agar kita tetap menjadi orang yang setia dan sabar. Abraham dan Sarah menjadi tokoh yang perlu kita jadikan pelajaran. Menanti dengan sabar akan waktu Tuhan tentu mendatangkan sesuatu yang ajaib dan mengejutkan kita dengan kebahagiaan.

8. Yokhebed
Setelah raja Firaun menetapkan keputusannya untuk membunuh semua bayi laki-laki dari Ibrani yang baru lahir, lahirlah Musa, ibu dan keluarganya menyebunyikan Musa selama kurang lebih tiga bulan lamanya. Namun, tak mungkin bertahan lama karena takut ketahuan, ibunya mengambil keputusan untuk membuang bayinya itu di sungai Nil. Yang kemudian di temukan oleh istri Firaun sendiri. 

Pada saat menemukan bayi itu, istri Firaun memutuskan ibunya Musa untuk menyusuinya dan merawatnya hingga besar. Hingga sampai Musa besar, barulah ibunya menyerahkan anaknya itu kepada istri Firaun.

Ketulusan dan kesabaran Yokhebed terlihat sedari awal, ketika Musa lahir hingga menyembunyikannya selamat kurang lebih tiga bulan. Karena cinta dan ketulusannya bagi Musa, ia memutuskan untuk membuangnya hidup-hidup. Alhasil harapan Yokhebed dalam keikhlasan dan kesabarannya membuahkan hasil. Musa menjadi orang yang berpengaruh besar bagi pembebesan Israel dan juga sangat di cintai Allah. Yokhebed, suatu cara hidup sabar yang mesti kita tiru.

9. Musa
Cinta kita terhadap tanah kelahiran dan asal muasal keturunan kita selalu melekat. Meskipun Musa lahir di tanah mesir, namun cintanya sangat besar bagi kaum bangsanya. Ia tak sudi melihat kaumnya di tindas dan diperlakukan secara kurang bijak. 

Hidup Musa, tidak kekurangan apapun, karena ia bagian dari keluarga raja Firaun. Namun begitu, cintanya terhadap Israel yang begitu membara ia meninggalkan semua itu. Dan dengan sabar ia mengikuti perkataan Tuhan yang disabdakan kepadanya untuk mengirip dan membawa orang Israel kembali ke tanah terjanji, tanah leluhur mereka.

Kisah Musa memetik banyak hal. Selain ketaatan dan kesetiaannya kepada Allah, kesabaran Musa juga terlihat dalam menghadapi berbagai kelakuan orang-orang Israel. Dan juga setiap kali ia mendengar apa yang di sampaikan Allah kepadanya.

10. Paulus

Paulus salah satu tokoh penting bagi Kristen. Kisah hidup Paulus mengajak kita untuk lebih paham mengenai cara Tuhan. Namun pada posisi yang lain, kita menjadi sulit untuk memahami cara Tuhan. Namun begitu, satu pokok pikiran kita adalah: Bahwa Tuhan dapat menjadikan siapa saja untuk menjadi pewarta kebenaran dan keselamatan-Nya. 

Paulus termasuk orang yang sangat-sangat sabar, mulai perjalanan bahaya yang dialaminya ketika di lempar batu hingga penyiksaan berat yang di alaminya. Sebagaimana yang kita ketahui, Paulus juga masuk penjara kurang lebih lima tahun lamanya. Tetapi kesabaran dan semangat pewartaannya terus membara. 

11. Samuel
Samuel seorang yang pekerja keras sepanjang hidupnya, demi kesejahteraan rakyatnya. Ia tak sudih melihat bangsanya jatuh dalam ketidak pastian oleh karena perbuatan dosa mereka. Samuel dengan caranya yang sabar dan penuh percaya diri menuntun mereka untuk bertobat. Samuel tokoh kesabaran yang patut bagi kita untuk di jadikan teladan, mulai dari cara hidupnya hingga penuntunan yang ia berikan kepada rakyatnya.

12. Simeon
Simeon salah satu tokoh yang sangat taat kepada Allah. Bahkan dalam doanya, ia memohon kepada malaikat Tuhan agar ia boleh mati setelah ia melihat kedatangan Mesias. Tak tercatat berapa lama waktu yang di habiskan Simeon untuk menunggu kedatangan Tuhan Yesus. Tetapi kesabarannya dalam menunggu kehadiran Kristus menjadi contoh bagi kita.

Bonus
Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya; Hosea 14:10

Itulah 12 tokoh Alkitab yang hidup dengan penuh kesabaran yang patut kita jadikan teladan dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat bagi kita yang sedang belajar untuk menjadi orang sabar.

Hak di lindungi...di larang menggandakan
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru