Artikel Rohani | Kesehatan | Tips dan Trik

3 Rekomendasi Waktu Dalam Mendoakan Novena Tiga Salam Maria

doa novena

Doa novena adalah salah satu doa yang telah menjadi tradisi dalam Gereja Katolik. Pada umumnya, doa novena di lakukan selama 9 hari secara berurutan pada jam-jam yang sama. Namun, adala pula doa novena dalam Gereja Katolik yang tidak memiliki ketentuan pasti untuk waktu doanya. Maksutnya, dapat didoakan kapan saja. 

Hingga kini, doa novena tetap menjadi doa favorit bagi umat katolik. Dalam perkembanganya, doa novena tidak saja di doakan oleh umat Katolik sendiri. Ada sebagian umat dalam denominasi Kekristenan yang gemar memanjatkan doa novena. Selain mendapat rahmat khusus, doa yang biasa didaraskan selama 9 hari ini, secara tidak langsung melatih diri seseorang untuk berkomitmen terhadap waktu dan juga kepada Tuhan dengan lebih mengutamakan diri-Nya.

Memang tak ada sanksi apapun ketika waktu doa anda terlewati atau ada hari yang lupa. Tetapi perlu di sadari juga, bahwa itu menjadi rujukan dari kurangnya komitmen kita terhadap waktu. 

Dan sala satu Novena yang paling akrab di kalangan umat Katolik adalah Doa Novena 3 Salam Maria. Doa yang berasal dari Santa Mecthildis ini, telah menjadi doa yang sangat populer,  mulai dari awal penyebarannya, hingga saat ini. Novena Tiga Salam Maria memiliki jutaan kesaksian sehingga tak heran di beberapa Negara yang bermayoritas Kristen memiliki portal khusus bagi Doa Novena yang dahsyat ini.

Secara umum, doa novena dalam Gereja Katolik belum di ketahui secara pasti asal-usulnya. Namun begitu, tradisi doa ini telah menjadi spirit tersendiri bagi mereka yang setia mendoakan. Sehingga berbagai kesaksian mengalir yang turut mengukuhkan kekuatan doa ini. 

Doa novena bukan sesuatu yang mistik atau supranatural. Tetapi sungguh bersandar pada pengertian Tuhan untuk terkabulnya suatu permohonan. Karena itulah sebagian umat Ortodoks dan Protestan mengakui doa ini. Hingga saat ini, Gereja Katolik tidak membatasi bagi siapa saja yang hendak berdoa novena. Artinya, doa Novena dapat dilakukan oleh siapapun.

Setidaknya anda sudah menentukan waktu yang tepat untuk berdoa berdoa novena. Tidak mengurangi itu, kami membagikan 3 rekomendasi waktu yang tepat untuk berdoa Novena. Yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.  

Pertama jam 12 malam

Sama halnya dengan doa harian biasa, untuk berkomunikasi dengan Tuhan tentu seseorang yang hendak berdoa novena membutuhkan kesunyian dan ketenangan. Hal ini dapat membuat seseorang lebih mengalir dalam kekhuyusukan sehingaa lebih intens merasakan kehadiran Tuhan dalam setiap bait doa. 

Karenanya novena tengah malam dapat menjadi rekomendasi bagi anda yang suasana lingkungannya agak ramai. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan kesunyian malam untuk berdoa sambil bermeditasi. Di jamin kesepian tengah malam membuat anda menemukan dan merasakan ketenangan jiwa yang mendalam. Tidak percaya? Coba saja!

Kedua jam 3 subuh

Dalam Alkitab memang tidak di tuliskan secara pasti jam berapa Tuhan Yesus berdoa. Hanya disebutkan pagi-pagi ketika hari masih gelap (Markus 1:35). Karena itu jam 3 subuh dapat menjadi pilihan waktu anda untuk berdoa novena.

Selain mengikuti teladan Yesus, dalam berdoa, udara segar di pagi hari mengangkat semangat hati kita untuk lebih tertuju pada pokok doa dan permohonan yang hendak disampaikan. Dan sebagaimana yang kita ketahui, Tuhan Yesus sendiri mengajarkan kepada kita untuk berdoa di tempat yang sembunyi.  

Ketiga jam 18:00

Jam 6 sore, sebagaimana tertuang dalam makna doa Angelus adalah menghormati inkarnasi Allah yang telah menjadi manusia. Bersamaan dengan itu, anda dapat menghayati misteri suci ini dalam doa novena anda. Memang tidak menjadi syarat, tetapi itulah upaya kita untuk mendapat belas kasihan Allah. Sebagai suatu cara agar permohonan terkabul.

Dalam semua doa Novena Katolik waktu yang tepat untuk berdoa di tentukan oleh setiap individu atau kelompok doa. Sama halnya waktu yang tepat atau pilihan jam yang tepat untuk berdoa novena Tiga Salam Maria. Tetapi sebagai umat yang beriman tentu kita lebih kreatif dalam memilih waktu doa yang baik. Selain harapan untuk terkabulnya doa, memilih waktu-waktu yang sepih adalah keputusan yang tepat dalam merasakan kehadiran Tuhan. Itulah 3 rekomendasi waktu untuk berdoa novena tiga salam maria.
Share:

12 komentar:

  1. NOVENA KEPADA SANTO YUDAS TADEUS

    Rasul yang amat suci, Santo Yudas Tadeus, pelayan dan sahabat Yesus yang setia, Gereja semesta menghormati dan memohon kepadamu, sebagai penolong dari masalah – masalah yang tidak ada harapannya, hal – hal yang tidak ada jalan keluarnya. Doakanlah aku, karena aku merasa sendirian dan tidak mempunyai penolong.


    Aku mohon kepadamu, gunakanlah kekuatan khusus yang diberikan padamu untuk memberikan kepadaku bantuan nyata dan sesegera mungkin disaat aku merasa bahwa bantuan itu hampir tidak ada. Dampingilah aku dalam kebutuhanku yang mendesak ini sehingga aku boleh menerima penghiburan dan bantuan surgawi atas semua kebutuhanku, masalah dan penderitaanku, khususnya ( sebutkan ) : … dan sehingga aku akan memuji Tuhan bersamamu dan semua orang terpilih selamanya.


    Aku berjanji, oh Santo Yudas Tadeus, untuk selalu mengingat bantuan besar ini, untuk selalu menghormatimu sebagai rasul yang istimewa dan perkasa, untuk meningkatkan devosi kepadamu, Amin. Semoga Hati Kudus Yesus yang maha kudus selalu dihormati dan dicintai diseluruh tabernakel sampai akhir jaman, Amin. Santo Yudas Tadeus berdoa untuk kita dan mendengarkan kita, Amin. Terbekatilah Hati Kudus Yesus. Terbekatilah hati Maria yang tak bernoda. Terbekatilah Santo Yudas Tadeus diseluruh bumi dan selalu sepanjang masa.


    Lakukan doa sebanyak 6x sehari, selama 9 hari berturut – turut dengan meninggalkan 9 salinan doa di gereja setiap hari. Doa Anda akan terjawab pada hari ke 9 atau bahkan sebelumnya dan BELUM PERNAH GAGAL. Tidak peduli bagaimanapun mustahilnya, permintaan Anda akan terkabul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya 6 x satu hr itu jam nya jam brpa ya..oh ya menggal 9 salinan doa setiap hr d gereja itu mksdnya gimana ya,, trima ksh info ini membntu sekali ..sy ingin sekali Doa Novena ini Bisa trkabul mohon petunjukn nya !!!

      Hapus
    2. Mau tanya 6 x satu hr itu jam nya jam brpa ya..oh ya menggal 9 salinan doa setiap hr d gereja itu mksdnya gimana ya,, trima ksh info ini membntu sekali ..sy ingin sekali Doa Novena ini Bisa trkabul mohon petunjukn nya !!!

      Hapus
    3. 6 x doa dlm sehari itu jam yg d tentukan jam brpa ? trus ninggalkn salinan doa setiap hr d gereja mksdnha bgaimna, sy niat Menjalankn doa Novena untuk hal yg sangat penting dlm hdp saya mohon arahannya pak

      Hapus
  2. Sebelumnya, ijinkan saya menceritakan pengalaman saya mengenai Doa Novena Tiga Salam Maria ini. Tepat pada tanggal 25 Desember 2020, Nenek saya mengeluh sakit yang kemudian mulai dirawat di rumah sakit (RS) pada keesokan harinya (26 Desember). Saya dan keluarga terus mendoakan Nenek saya. Saya pun mulai berdoa Rosario untuk kesembuhan Nenek saya pada tanggal 27 Desember setiap petang. Pada tanggal 29 Desember, pagi hari saya bangun sekitar jam 07.50, saya mendapat kabar bahwa Nenek saya sedang dipompa jantungnya. Saya terkejut dan ketakutan. Pada tanggal 29 Desember ini seharusnya saya mendoakan doa Novena Tiga Salam Maria untuk permohonan lain (yang sudah saya doakan sejak 1 November dan terus saya lanjutkan sambil menanti Tuhan mengabulkan doa Novena Tiga Salam Maria saya). Namun karena berita tersebut, saya langsung memutuskan untuk mendoakan doa Novena Tiga Salam Maria untuk kesembuhan Nenek saya. Namun ternyata Tuhan sangat amat sayang dengan Nenek saya. Nenek saya pun orang yang baik. Tuhan tidak membiarkan Nenek saya kesakitan terlalu lama dan Tuhan memanggil Nenek saya ke rumah Bapa di surga. Sayapun memutuskan untuk terus menyelesaikan doa Novena Tiga Salam Maria ini hingga hari yang ke-9 untuk Nenek saya, namun pada hari ke-2 hingga hari ke-9 permohonan saya adalah “Ya Tuhan Yesus Kristus, bersama dengan Bunda Maria, aku mohon kepada-Mu, tolong ampunilah segala dosa dan kesalahannya Nenek, terimalah semua amal ibadahnya Nenek selama hidup di dunia ini dan lapangkanlah jalannya Nenek ke rumah Bapa di surga”. Puji Tuhan hari ini adalah hari ke-9 doa Novena Tiga Salam Maria saya untuk Nenek. Sesuai dengan janji saya kepada Tuhan Yesus dan Bunda Maria, saya akan memberitahu kepada banyak orang dan memberi kesaksian melalui website-website dan video YouTube yang berhubungan dengan doa Novena Tiga Salam Maria. Saya membuat kesaksian ini juga karena saya percaya, Bunda Maria selalu mendengarkan doa Novena saya, menyampaikannya dan meneruskannya kepada Tuhan Yesus dan Tuhan pasti telah mengabulkan doa saya. Saya percaya Tuhan sudah ampuni segala dosa dan kebaikan Nenek saya, Nenek saya sudah bahagia di surga, sudah tidak sakit lagi dan sudah berbahagia dengan Kakek saya di surga.

    Bahkan kemarin hari Senin (4 Januari 2021) pagi, orangtua saya datang ke makam Nenek saya dan orangtua saya cerita ke saya bahwa tidak ada hambatan sama sekali untuk datang ke makam Nenek saya, tanahnya tidak becek, padahal beberapa jam sebelumnya sempat hujan. Ini merupakan salah satu bukti bahwa Tuhan sayang sekali dengan Nenek saya dan Nenek saya adalah orang baik.

    Puji dan Syukur saya haturkan kepada Allah Tritunggal dan Bunda Maria. Bagi-Mu pujian, kehormatan dan kemuliaan sampai selama-lamanya.

    Untuk siapapun saudaraku dalam Kristus yang sedang/akan mendoakan doa Novena Tiga Salam Maria ini, berdoalah dengan segenap hati percaya kepada Tuhan. Percaya bahwa Bunda Maria mendengarkan doamu dan pasti menyampaikan dan meneruskan permohonanmu kepada Tuhan Yesus Kristus. Percaya bahwa Tuhan pasti akan kabulkan permohonanmu pada waktu-Nya yang terbaik, jalan-Nya yang terbaik dan cara-Nya yang terbaik.

    “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”
    (Amsal 3:5-6)

    Ditulis oleh: Fransiska Gunawan
    6 Januari 2021

    BalasHapus
  3. Terima kasih,malam ini adalah malam terakhir bagi saya berdoa novena tiga salam Maria.
    Sangat bahagia, bisa merasakan kedekatan tersendiri dgn bunda Maria dan Yesus.

    Dan pastinya saya akan umumkan nanti ketika doa saya du jawab..
    Yakin saja dan percaya!.


    Semoga Tuhan selalu menjaga kiรพa semua.

    BalasHapus
  4. Apakah boleh doa novena 3 salam maria bebas waktunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya boleh saja yg penting suasananya hening,tenang..๐Ÿ™

      Hapus
    2. Ya boleh saja yg penting suasananya hening,tenang..๐Ÿ™

      Hapus
  5. Ya boleh sj yg penting suasananya hening,tenang.. ๐Ÿ™

    BalasHapus
  6. Kala jam nya meleset beberapa menit apa harus diulang lagi dr awal?

    BalasHapus
  7. saya mau sharing pengalaman saya tentang kekuatan doa novena 3 salam Maria. sblmnya saya telah bekerja di suatu perusahaan penerbangan selama lebih dari 10 tahun, tapi karena pandemic sy akhirnya dirumahkan sampai batas waktu yg blm d tentukan. pergumulan sy sangat luar biasa saat itu, karena sy adalah tulang punggung keluarga, sy berniat untuk resign dan mencari pekerjaan baru. tapi dengan ijazah sy yang hanya lulusan smk dan usia sy yg sudah tidak muda sangat sulit mencari pekerjaan apa lg d saat pandemic sperti ini. akhirnya sy teringat teman sy yg pernah menjalankan doa novena 3 salam Maria untuk kesembuhan ibunya, sy pun mulai melaksanakan doa tersebut di bln juni, sy menjalankannya selama 27 hr dan betapa bersyukurnya saya d bulan juli tepat setelah sy menyelesaikan doa yg ke 27 sy mendapatkan pekerjaan baru dan sy segera mengajukan resign d perusahaan sebelumnya. sekarang sy sedang menjalankan do novena 3 salam Maria untuk permohonan yg lain. sy berjanji akan mewartakannya kembali.. note : sy bukan umat Katholik tp sungguh Bunda Maria dan Tuhan Yesus tidak membeda bedakan.

    BalasHapus

Terbaru