Artikel Rohani | Kesehatan | Tips dan Trik

6 Alasan Mengapa Orang Kristen Harus Rendah Hati

Rendah hati dalam Kekristenan adalah pendekatan terhadap diri sendri dengan menyadari kehidupan sebagai anugerah Tuhan. Dengan demikian, kita mengenal Allah sebagai sesuatu yang tak terbatas. Dalam ketidak terbatasan itu, maka kita terus mencari untuk memperoleh anugerah-anugerah hidup yang baik, sesuai yang kita inginkan dan tidak bertentangan dengan kehendak Tuhan.

Seorang Kristen yang baik, adalah dia yang bijaksana dengan memahami keberadaannya sebagai manusia yang memiliki kekurangan. Karena itu, kerendahan hati bukanlah suatu kekerdilan atau ketidak mampuan. Tetapi cenderung kepada pemahaman kita mengenai “siapa saya?” (Who am I).
Cara ini, akan membentuk suatu penyadaran bahwa segala kemampuan dan juga bakat-bakat yang di miliki, bukan ada dengan sendirinya, melainkan sebagai anugerah Tuhan (Grace of God). Ini menunjukan bawha kita sebagai umat Kristus mengetahui letak dan sumber kekuatan sejati yang kita miliki.

Mengapa orang Kristen harus memiliki yang namanya rendah hati? Seorang pemimpin, akan lebih di cintai dan di terima oleh bawahannya tatkala ia menunjukkan sikapnya sebagai pribadi yang sederhana yang siap melayani dan siap menerima segala masukan dan kritikan. Bukan karena ia tidak mampu atau terlihat bodoh, tetapi lebih erat kepada kebijaksanaan bahwa ia perlu belajar terus menerus.

Pribadi Yesus, adalah sosok yang terdekat dengan kita khususnya bagi kaum mileneal Kekristenan di era modern ini. Ia selalu siap untuk melayani pada murid-Nya, dan semua orang yang datang kepada-Nya. Bukan kaleng-kaleng, sebab dalam kerendahan hati-Nya, Ia mampu memberikan kelegahan.

Tuhan Yesus dalam pewartaan-Nya, tidak pernah meminta untuk di sembah atau di doakan. Tetapi Dia memberi isyarat ”Mari semua yang letih dan terbeban berat, datanglah kepada-Ku, dan Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.”  Inilah pokok bagi umat Kristen. Karena di dalam Dia, kita siap melayani bukan untuk di layani.

Berikut adalah 6 alasan mengapa orang Kristen harus memiliki sikap rendah hati


Pertama, mengikuti teladan Yesus Kristus

Sosok Yesus, selalu menjadi buah bibir. Selain karena Dia sebagai Mesias, Ia juga selalu menjadi bahan perhatian dalam setiap perbincangan orang-orang Yahudi. Sebab Tuhan Yesus, tidak memandang orang yang saleh dan orang yang banyak berbuat dosa. Ia Tahu bahwa di dalam pribadi orang berdosa memiliki kemampuan dan niat yang tinggi untuk bertobat dan merubah cara hidupnya. Dan Ia juga tahu bahwa di dalam pribadi yang rajin mengumpul harta duniawi memiliki nurani untuk ikhlas dan tulus membagikan sebagaian hartanya kepada orang yang kurang beruntung. Cara ini, menjadikan Yesus semakin dicintai, disayangi dan di puji-puji. 

Kedua, Memahami keberadaan diri sebagai manusia yang terbatas
Kesempurnaan, hanya di miliki oleh Tuhan. Tak ada satu pun manusia di dunia ini, yang sempurna. Memahamai ketidak sempurnaan kita maka, secara sadar pula kita berusaha untuk menjadi baik. Dengan terus belajar dan tetap setia untuk melayani sesama.

Maka buahnya adalah kita semakin cinta terhadap diri sendiri dan juga orang lain yang menjadi bagian dari hidup kita. Dengan demikian, kita di dorong untuk selalu menabur benih-benih cinta dan orang lain akan menyiramnya dengan air kehidupan dari cinta yang mereka miliki terhadap pribadi kita.

Ketiga, Mencintai kehidupan sebagai anugerah Tuhan
Seseorang yang sedang jatuh cinta, selalu berusaha untuk mendapat cintanya. Di samping itu, ia terus belajar untuk memahami pribadi dari sesorang yang membuatnya jatuh cinta. Cermin terhadap diri sendiri, satu jalan utama baginya. Sehingga dengan cara itu, ia lebih siap untuk menerima segala konsekuensinya. Dan menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di dalam kehidupan ini adalah anugerah Tuhan.

Keempat, Menjadi teladan bagi orang lain

Orang yang hidup dalam kesombongan akan membawa persoalan yang pelik bagi dirinya sendiri. Ia menjadi sulit untuk di terima oleh orang lain di dalam lingkungan tempat ia tinggal. Padahal seorang pribadi yang rendah hati memahami dirinya sendiri secara lebih dalam dan lingkungan tempat di mana ia tinggal. Yang membuat kita menjadi mudah di terima dan bergaul dengan orang lain di lingkungan kita.

Kelima, Menjadi pribadi terbuka yang selalu siap
Keterbukaan kita adalah upaya “penting” untuk kita lakukan agar bisa menciptakan komunikasi yang baik dengan orang lain. Keterbukaan sebagai petunjuk dari dalam diri untuk berbagi kebaikan atau menemukan sebuah solusi tepat dari suatu masalah yang sedang di hadapi. Sehingga disini, kita memberikan penghargaan terhadap orang lain yang dengan menerima apa yang menjadi masukan mereka.

Keenam, Orang lain menyukai seorang yang rendah hati
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar cibiran orang lain mengenai pribadi sesamanya yang cenderung congkak. Hal ini memungkinkan orang lain untuk belajar dari cara hidup kita, mulai dari sesuatu yang sederhana hingga kepada hal lain yang lebih rumit dan akhirnya kita menjadi insprasi bagi orang lain.

Kerendahan hati adalah kemauan untuk memperbaiki diri dalam segala suasana yang dapat menjadi teladan bagi orang lain. Tak ada orang yang sempurna, tetapi kita bisa berusaha agar menjadi seorang yang baik untuk diri kita sendiri dan juga orang lain yang ada di sekitar kehidupan nyata kita.

Itulah 6 alasan mengapa orang Kristen harus dan perlu memiliki sikap rendah hati. Selain mengikuti teladan Tuhan Yesus, sikap rendah hati dari kita sebagai orang Kristen dapat menjadi panutan bagi orang lain, yang dapat menginspirasi cara mereka dalam menata diri, dan juga dalam kehidupan mereka.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru