Artikel Rohani | Kesehatan | Tips dan Trik

Kumpulan Doa Pendek Kristen Sebelum Memulai Ibadah

Untuk memulai ibadah tentu, tak hanya raga saja yang di persiapkan. Hati dan pikiran juga di persiapkan agar dapat dengan mudah kita meresapi firman Tuhan dan dapat menghayati tujuan doa untuk dapat dilaksanakan dalam kehidupan rohani kita.

Doa sebelum ibadah menjadi satu kesatuan dari unsur doa yang hendak di mulai. Sebab dengan itu, kita mengingatkan jiwa dan batin untuk mengarah kepada Tuhan. Agar doa di jalankan dengan baik dan kita terhindar dari gangguan yang dapat menggoda kekhusyukan kita.

Gangguan dalam ibadah, masih sering di rasakan oleh hampir seluruh jemaat Gereja. Sehingga terkadang membuat kita tampak gagal atau tidak merasakan apa-apa setelah ibadah selesai. Ini memang kejadian umum yang di rasakan oleh setiap individu. Namun, yang memegang kendali atas hal semacam ini adalah pribadi kita masing-masing.

Sehingga doa peribadi sebelum ibadah sangat di anjurkan untuk mendapat tuntunan Tuhan dan mempersempit ruang gerak gangguan yang mungkin terjadi, selama ibadah berlangsung. Karena selama ibadah, mungkin kita dihidangkan dengan berbagai pujian dan renungan. Dengan demikian cara ini dapat menjadi rujukan bagi umat beriman dan pemimpin doa sebelum ibadah di mulai.

Doa pendek Kristen sebelum memulai ibadah

Bapa yang bertahta di dalam kerajaan Sorga, Engkau yang pengasih, pencipta semesta alam. Kami bersyukur dan hendak memuliakan diKau, atas segala kasih karunia dan juga berkat-Mu yang melimpah di dalam kehidupan kami. Sehingga Engkau memperkenan kami semua untuk berkumpul di rumah-Mu dalam memuji, menyembah, dan memanjatkan rasa terima kasih kami atas segala karya keselamatan-Mu. 

Bapa, sebentar lagi, kami mengarahkan hati dan jiwa kehadirat-Mu. Karena itu, utuslah Roh Kudus dan cahaya Sorgawi ke dalam hati dan jiwa kami. Agar kami dapat menghanyati dan memaknai segala kasih-Mu di dalam kehidupan kami melalui ibadah kami pada hari ini. Ya, Bapa, kami bersyukur sebab Engkau berkenan untuk mengarahkan hati dan jiwa kami. Segala puji bagi-Mu untuk selama-lamanya. Amin
 

Doa pendek pribadi sebelum memulai ibadah

Tuhan, begitu besar kuasa-Mu, sehingga alam yang indah ini Engkau peruntukan bagi kami. Di dalamnya, Engkau memperkenankan kami untuk hidup dan menatanya. Karena itu, ya Tuhan, aku bersyukur atas semua karya-Mu itu.

Dalam persekutuan dengan-Mu, Engkau memanggil kami untuk hidup dan menyatu dengan sesama kami. Karena itu, berkatilah kami dan tuntunlah hati dari kami jemaat-Mu yang pada saat ini, hendak mengarahkan jiwa dan raga kami kehadirat-Mu melalui ibadah dan pujian kami hari ini.

Semoga ibadah ini, dapat menuntun kami untuk hidup dalam kekudusan. Serta menjadikan Engkau Guru, sekaligus penyelamat yang selalu kami puji-puji, kini dan selama-lamanya. Amin

Doa pendek dapat didoakan bersama atau oleh pemimpin ibadah
Tuhan Yesus Kristus, kami bersyukur kepada-Mu atas segala kebajikan-Mu di tengah-tengah kehidupan kami. Oleh kebaikan-Mu, Engkau memberi kami kehidupan yang baik dan penuh berkat. Sehingga dalam semangat iman yang datang dari-Mu, kami dapat bersekutu kembali di tempat ini untuk memuji dan  memuliakan nama-Mu.

Kami mohon, ya Tuhan Yesus, bimbing dan tuntunlah hati kami dalam ibadah ini. Agar kami dapat menghayati dan memahami segala firman-Mu. Sebagai pedoman sekaligus sumber iman kami akan karya keselamatan-Mu. Kepada-Mu pula, kami memohon curahkanlah Roh Kudus ke dalam hati dan jiwa kami. Agar melalui ibadah ini, kami semakin berani dalam mewartakan kebenaran-Mu. Amin

Manfaat doa sebelum memulai ibadah

Kita semua menyadari, bahwa manusia merupakan ciptaan Tuhan yang banyak kekurangan dan mudah jatuh ke dalam godaan. Karena itu, kita kembali ke sang khalik itu sendiri dengan menyatakan kekurangan dan kelemahan kita.

Agar dengan kekuatan-Nya, Ia memberi kita pencerahan melalui hati dan pikiran kita. Sehingga ibadah yang kita jalani dapat menjadi berkat dan mendatangkan manfaat dalam pertumbuhan iman kita.
Disisi lain, doa sebelum ibadah, baik didoakan secara bersama maupun pribadi, merupakan suatu pengakuan yang menyatakan syukur atas segala karya Tuhan. Sehingga dengan itu, kita mendapati tuntunan dari Tuhan sendiri selama ibadah kita berjalan, hingga selesai. 

Doa sebelum memulai ibadah, juga memposisikan diri untuk lebih terarah kepada kehadiran Tuhan. Karena sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa merasakan kehadiran Tuhan adalah dambaan yang selalu menyenangkan jiwa. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbaru